Sunday 1 November 2015

Personal Pronoun (Kata Ganti Orang)


Personal Pronoun (kata Ganti Orang)



















Personal Pronoun adalah kata ganti yang digunakan menggantikan orang yang berbicara (first Person), orang yang diajak berbicara (second person) dan orang yang dibicarakan (third person), baik iitu tunggal (singular) ataupun jamak (plural).

a. Kata ganti orang sebagai subjek (Subject Pronoun)
Pronoun
Subject Pronoun
Singular
To be
Plular
Tobe
First Person
I (saya)
Am
We (kami/kita)
Are
Second Person
You Kamu)
Are
You (kalian)
Are
Third Person
He (dia laki-laki)
Is
They (mereka)
Are
Third Person
She (dia perempuan)
Is

Third Person
It (dia selain manusia)
Is


** NOTE : Kedudukan “subject pronoun” dalam sebuah kalimat berada sebelum “verb to be” atau “verb biasa”.
Contoh:
Verb To Be
Verb Biasa
I am going to the store
I go to school every morning
You are my everything
He climbs the wall
She is my mother
They speak English very well

b. Kata ganti orang sebagai objek (Object Pronoun)
Pronoun
Object Pronoun
Singular
Plural
First Person
Me
Us
Second Person
You
You
Third Person
Him
Them
Third Person
Her

Third Person
It


** NOTE : Kedudukan “object pronoun” dalam sebuah kalimat berada setelah verb (kata kerja) atau preposition (kata depan)”.
Contoh:
Verb
Preposition
I love her very much
I will go with her tomorrow
(Kata “with” adalah preposition)
They saw him yesterday in the classroom
Ulfah is talking to me.
(kata “to” adalah preposition)

 Contoh Lain Penggunaan dalam kalimat:

1. Sebagai Subject Pronoun

a) Sebelum to be (am, is, are)
I am a student
Saya adalah seorang siswa
You are a teacher
Kamu (adalah) seorang guru
We are students
Kita (adalah) para siswa
They are lecturer
Mereka (adalah) para dosen
It is an animal
Itu (adalah) seekor binatang
She is a woman
Dia (adalah) seorang wanita
He is a man
Dia (adalah) seorang pria

b) Sebelum verb (kata kerja)
I came, I saw, I conquered.
Saya datang, saya melihat, saya menang
He forgets to bring a book.
Dia lupa untuk membawa buku
She knows that her mother is sick.
Dia tahu bahwa ibunya sakit
They walk
Mereka berjalan

2. Sebagai Object Pronoun

a. Sesudah to be
  • It is me that you need. (inilah saya yang kau butuhkan)
b. Sesudah Verb (kata kerja)
  • I gave him a book. (Saya memberinya sebuah buku)
c. Sesudah Preposition (kata depan)
  • She sent a letter to me. (dia mengirim surat kepada saya)
d. Sesudah kata “let” (mari, ayo, biar)
  • Let it go! (biarkan dia pergi)
  • Let us go! (mari kita pulang)
e. Sesudah kata "of"
  • I think of her. (saya memikirkannya)
  • I dream of them. (saya memimpikan mereka)

** Terima kasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini bermanfaat, bisa dipahami dan membantu untuk Belajar Grammar Bahasa Inggris. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisannya. Slahkan share untuk membantu teman-teman yang mau Belajar Grammar Bahasa Inggris.
See You Next Time.. :D (http://yukbelajargrammar.blogspot.co.id)
Wassalamu’alaikum. Wr.Wb

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *