Sunday 1 November 2015

Pronoun (Kata Ganti)


Pronoun (kata ganti)


Pronoun adalah kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda dalam sebuah kalimat.
Fungsi pronoun adalah meminimalisir terjadi pengulangan kata yang sama beberapa kali dalam sebuah kalimat atau paragraf.

Contoh :
Wahdan lost Wahdan’s bag when Wahdan was going to the school.
(Wahdan kehilangan tas milik Wahdan ketika Wahdan pergi ke sekolah).

Pada contoh kalimat diatas terjadi pengulangan kata “Wahdan” sampai beberapa kali. Disinilah peranan pronoun dibutuhkan.

Menjadi :
Wahdan lost his bag when he was going to the school.
(Wahdan kehilangan tasnya ketika dia pergi ke sekolah).


TYPES OF PRONOUN (JENIS-JENIS KATA GANTI )

1. Personal Pronoun (Kata Ganti Orang)
Personal Pronoun adalah kata ganti yang digunakan menggantikan orang yang berbicara (first Person), orang yang diajak berbicara (second person) dan orang yang diajak bicara (third person), baik iitu tunggal (singular) ataupun jamak (plural).
Personal pronoun di bagi menjadi 2 (dua), yaitu Object Pronoun (kata ganti sebagai objek) dan Subject Pronoun (kata ganti sebagai subjek).
-- I, You, We, They, She, He, It –

2. Possesive Pronoun (Kata ganti kepemilikan)
Possesive pronoun (kata ganti kepemilikan) adalah kata ganti yang digunakan untuk menujukan kepemilikan terhadap sesuatu dengan posisi sebagai kata benda (noun).
Bentuk possesive pronoun pada umumnya berasal dari bentuk personal pronoun (kata ganti orang).
-- Mine, Yours, His, Hers, Ours, Yours, Theirs –
    
3. Possessive Adjective (Kata sifat kepemilikan)
Possessive adjective adalah kata sifat yang menerangkan tentang kepemilikan terhadap sesuatu.
-- My, Your, His, Her, Its, Our, Your, Theirs --

4. Reflexive Pronoun (Kata ganti refleksif)
Reflexive pronoun adalah kata ganti yang menunjukan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh subjek tersebut mengenain subjek itu sendiri.
Reflexive pronoun digunakan ketika subject dan complement menunjukan orang atau benda yang sama.
-- Myself, Himself, Herself, Itself, Ourselves, Yourselves, Themselves --

5. Demonstrative Pronoun (Kata Ganti Penunjuk)
Demonstrative pronoun adalah kata ganti penunjuk yang tergolong ke dalam definite pronoun, dimana kita sudah mengetahui sesuatu yang digantikan dengan jelas. Pada umumnya, kata benda yang digantikan adalah berupa benda, orang ataupun binatang.

Di dalam bahasa Indonesia demonstrative cuma ada dua, yaitu “ini” dan “itu”. Sedangkan dalam bahasa Inggris ada empat macam, yaitu this” “that” “these dan those

6. Indefinite Pronoun (Kata Ganti Tak Tentu)
Indefinite pronoun adalah kata ganti tidak tentu yang menggantikan noun (kata benda) namun hanya secara umum atau tidak spesifik. Indefinite pronouns bisa berbentuk singular (tunggal) maupun plural (jamak) bahkan bisa juga kedua-duanya.

Dalam bahasa Inggris indefinite pronoun dapat dikelompokan menjadi dua (dua) golongan, yaitu:

  • Indefinite person things
Indefinite person things adalah kata ganti tak tentu yang menunjukan orang, benda atau binatang. Yang termasuk ke dalam indefinite person things adalah anybody, anyone, everyone, another, others, the other, nobody, no one, somebody, someone, anything, anywhere, something, somewhere, nothing, nowhere, etc.
  • Indefinite quantities
Indefinite quantities adalah kata ganti tak tentu yang menunjukan jumlah. Yang termasuk kedalam identifinite quantities adalah all, few, both, little,many, several, etc 

7.  Interrogative Pronoun (Kata Ganti Tanya)
Interrogative Pronouns adalah kata ganti yang digunakan untuk mengajukan suatu pertanyaan, atau dengan kata lain dapat diartikan sebagai kata ganti yang digunakan untuk mengawali suatu pertanyaan, baik itu peretanyaan secaralangsung maupun tidak langsung.
Yang termasuk dalam kata ganti ini adalah who, whom, what, whose, which, where, when, why, dan how.

8. Relative Pronoun (Kata Ganti Penghubung)
Relative pronoun adalah kata ganti untuk membentuk relative clause (subordinate clause yang menerangkan, menjelaskan,  memberikan informasi lebih dan mendeskripsikan noun pada main clause). Subordinate clause adalah anak kalimat sedangkan main clause adalah induk kalimat.
Atau lebih sederhananya relative pronoun dapat diartikan sebagai kata ganti penghubung yang berfungsi untuk menggabungkan dua kalimat menjadi satu kalimat.
Yang termasuk kedalam relative pronoun adalah who, whom, which, whose, that, what, where, when, why.

Untuk memudahkan mempelajarinya silahkan lihat pronoun chart di bawah ini!!
Pronoun chart 

















** Terima kasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini bermanfaat, bisa dipahami dan membantu untuk Belajar Grammar Bahasa Inggris. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisannya. Slahkan share untuk membantu teman-teman yang mau Belajar Grammar Bahasa Inggris.
See You Next Time.. :D (http://yukbelajargrammar.blogspot.co.id)
Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.

3 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *