Tuesday 3 November 2015

Indefinite Pronoun (Kata Ganti Tidak Tentu)

Indefinite Pronoun (Kata Ganti Tidak Tentu)Indefinite pronoun adalah kata ganti tidak tentu yang berfungsi menggantikan noun (kata benda) namun hanya secara umum atau tidak spesifik. Indefinite pronouns bisa berbentuk singular (tunggal) maupun plural (jamak) bahkan bisa juga kedua-duanya. Adakah contoh indefinite pronoun dalam bahasa Indonesia? Tentu saja ada.

Salah satu contoh kalimatnya adalah “Adakah seseorang yang mau membantu saya mengerjakan PR?”, kata seseorang atau someone tersebutlah yang masuk ke dalam kategori indefinite pronoun. Kata itu tidak menspesifikkan noun (kata benda) yang ia gantikan secara jelas. Tanpa keterangan yang lebih jauh, kita sebagai pembaca tidak tahu siapa seseorang yang dimaksud.


Dalam bahasa Inggris indefinite pronoun dapat dikelompokan menjadi dua (dua) golongan, yaitu:

a. Indefinite person things
Indefinite person things adalah kata ganti tak tentu yang menunjukan orang, benda atau binatang. Yang termasuk ke dalam indefinite person things adalah anybody, anyone, everyone, another, others, the other, nobody, no one, somebody, someone, anything, anywhere, something, somewhere, nothing, nowhere, etc.

b. Indefinite quantities
Indefinite quantities adalah kata ganti tak tentu yang menunjukan jumlah. Yang termasuk kedalam indefinite quantities adalah all, few, both, little,many, several, etc.

Indefinite Pronoun
Keterangan
anything, everything, anybody/anyone, everybody/everyone, somebody/someone, nobody, each, something, nothing, either, neither, another, enough, little, less, one, the other
Anybody/anyone, everybody/everyone, nobody, somebody/someone, one merupakan indefinite pronoun yang mengacu pada countable noun (orang).
Another, each merupakan kata ganti yang mengacu pada countable noun (orang, benda).
Anything, everything, something, & nothing merupakan kata ganti yang mengacu pada countable noun (berupa benda atau hal).

Indefinite Pronoun
Keterangan
All, Both, Several, Many, Much, Few, Fewer, Ones, The others, Each other, One another
Plural untuk indefinite pronoun yang berupa countable noun.

Both (Keduanya) singular dan plural
Indefinite Pronoun
Keterangan
None, Some, Any, More, Most, Somewhere, Anywhere
None sebagai singular ketika sebagai singkatan dari no-one, sedangkan sebagai plural ketika sebagai not any.
Some, more, most, dan any sebagai singular ketika mengacu pada kata ganti berupa uncountable noun, sedangkan sebagai plural ketika countable noun.

Sudah cukup mengertikan?.. Kalau merasa lebih jelas, berikut ini ada daftar indefinite pronoun baik singular maupun plural dan keduanya beserta contoh kalimat.

Contoh Kalimat Indefinite Pronoun:  -- Singular --
No
Pronoun
Sentence
Meaning
1
Anything
(apapun, apa saja, sesuatu)
Everything that I have got is lost.
Semua yang telah saya dapatkan hilang.
Do you want anything else?
Apakah kamu ingin sesuatu yang lain.
Yo can donate anything that you have.
Kamu bisa mendonasikan apapun yang kamu punya.
She didn’t buy anything at that shop yesterday.
Dia tidak membeli apapun di toko itu kemaren.
My father wants to know whether you did anything here or not.
Ayah saya ingin tahu apakah kamu melakukan sesuatu disini atau tidak
2
Everything
(segala sesuatu/segala-galanya)
The thief has stolen everything inside his bag
Pencuri itu telah dicuri semua yang ada di dalam tasnya.
The man always gives everythjing to his daughter.
Pria tersebut selalu memberikan apapun kepada anak perempuannya.
I will buy everything tomorrow.
Saya akan membeli sesuatu besok.
3
Anybody/Anyone
(siapapun/siapa saja)
Anybody can belong to the club.

Siapa saja bolehmasuk ke perkumpulan itu.

Can anyone help me to make a fried chicken?
Dapatkah siapa saja membantu saya membuat fried chiken?
4
Everybody / Everyone
(seseorang, setiap orang, semua orang)
Everybody / Everyone likes him.
Setiap orang menyukainya.
She saw everybody here last night.
Dia melihat semua orang disini kemarin malam.
The meeting should be started soon when everybody has come.
Rapat seharusnya segera dimulai ketika semua orang telah datang.
5
Someone / Somebody
(seseorang)
Somebody help me please.?
Seseorang bisa membantu saya?
He killed someone in the river last month
Dia membunuh seseorang di sungai bulan lalu.
He look for someone who stole his wallet
Dia menari seseorang yang mencuri dompetnya.
I know somebody that took your bag.
Saya tahu seseorang yang mengambil tasmu.
6
Nobody
(tak satupun)
I knocked the door many times, but nobody opened the door.
Saya mengetuk pintu berkali-kali, tetapi tiak seorangpun yang membukakan pintu.
Nobody believes me even I have told the truth.
Tidak ada orang yang mempercayai saya meskipun saya telah mengatakan kenyataan.
7
Each
(masing-masing/setiap)
Each has their own definition about life.
Masing-masing mereka punya definisi tentang kehidupan.
The chocolate was given to each.
Coklat tersebut diberikan kepada masing-masing.
8
Something
(sesuatu)
I promise that I will give her something in her birthday.
Ssaya berjanji bahwa saya akan memberinya sesuatu di hari ulang tahunnya.
Something is better than nothing.
Sesuatu yang ada lebih baik dari pada tidak ada sesuatu pun.
9
Nothing
(Tak satupun, tak ada sesuatupun)
There is nothing to do.
Tak ada satupun yang dikerjakan.
I had tried much better than before, but nothing happened.
Saya telah mencoba jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya, tetapi tidak ada yang terjadi.
10
Either
(satu atau yang lain lain dai dua benda, orang, binatang)
I am care with Ivan and Tia, but either deceived me.
Aku peduli kepada ivan dan tia, tapi satu dari keduanya menipu ku
There are two cars in my garage, either can be used.
Ada buah dua mobil di garasi saya, satu yang bisa digunakan.
I don't mind whether you give my tea sugar or not, because either is good for my health.
Saya tidak keberatan apakah kamu memberi teh saya gula ataupun tidak, karena keduanya baik untuk kesehatan saya.
11
Neither
(tak satupun)
She bought neither of those two skirts.
Dia tidak membeli satupun dari kedua rok itu.
Neither is bad.
Tidak satupun dari kedunaya buruk.
12
Another
(yang lain)
That was a good story book. May I have another?
Itu adalah buku cerita yang bagus. Bolehkah saya meminjam yang lain?
13
Enough
(cukup)
Enough is better than to much
Cukup lebih baik dari pada terlalu banyak.
14
Less
(lebih sedikit)
Less is preferable.
Lebih sedikit adalah lebih baik.
15
Little
(sedikit)
Little was got about the information.
Sedikit yang di dapat tentang informasi itu.
16
One
(yang)
This bag is expensive, bu that one is cheap.
Tas inimahal, tetapi yang itu murah.
Your car is blue, but that one is red.
Mobilmu warnanya biru, tapi yang itu warnanya merah.
17
The other
(yang lain)

She will not tell the other that story except me.
Dia tidak akan menceritakan kisah itu kecuali kepada saya.
This car is very clean, but the other is dirty.
Mobil ini sangat bersih, tetapi yang lainnya kotor.


Contoh Kalimat Indefinite Pronoun:  -- Plural --
No
Pronoun
Sentence
Meaning
1
Both
(keduanya)
I saw Harry and Mira in the park yesterday, Both of them were very happy.
Saya melihat Harry dan Mira di taman kemarin, keduanya sangat bahagia.
Do you like apple or banana? I like both of them.
Apakah kamu suka apel atau pisang? Saya menyukai keduanya.
Daniel likes pizza but not steak. I think both are delicious.
Daniel menyukai pizza tetapi tidak dengan steak. Saya pikir keduanya sama-sama lezat.
2
Several
(beberapa)
Several complained to the bank.
Beberapa yang mengeluh ke bank tersebut..
They will come but several will be late.
Mereka akan datang namun beberapa akan terlambat.
3
Many
(banyak)
Many used a red T-shirt in order to support the National team.
Banyak yang menggunakan kaso merah untuk mendukung tim nasional.
4
Much
(banyak)
Much was spent for this celebration
Banyak yang dihabiskan untuk peryaan ini
I know much has happened since I left my home.
Saya tahu banyak yang sudah terjadi sejak saya meninggalkan rumah.
5
Few
(sedikit)
Few exercise regulary.
Sedikit yg berolahraga secara teratur
Few don't want to follow us.
Beberapa tidak mau mengikuti kita.
6
Fewer
(lebih sedikit)
Fewer come late today.
Lebih sedikit yang datang terlambat hari ini.
Fewer try to stop smoking today.
Lebih sedikit yang mencoba berhenti merokok hari ini.
7
Ones
(yang)
These apples is yours, but those ones are mine.
Apel-apel ini punyamu, tapi yang itu milik saya.
8
The others
(yang lain)
I prefer stay here and the others go to the swimming pool
Yang lain, untuk orang/benda jamak aktentu
9
Each other
(Satu sma lain, untuk 2 orang)
We love each other.
Kita mencintai satu sama lain.
10
One onother
(satu sama lain, untuk lebih dari 2 orang)
They help one another.
Mereka (lebih dari satu) saling membantu.


Contoh Kalimat Indefinite Pronoun:  -- Singular adn Plural --
No
Pronoun
Sentence
Meaning
1
Somewhere
(suatu tempat/entah dimana)
I think my wallet was dropped somewhere.
Saya pikir dompet saya jatuh disuatu tempat.
2
Anywhere
(dimanapun/kemanapun/kemana saja)
I will go anywhere in the world.
Saya akan pergi kemanapun di dunia ini.
I swear, I will not go anywhere and I will stay here.
Saya janji, saya tidak akan pergi kemanapun dan saya akan tinggal disini
3
Any
(apa saja, mana saja, sembarang saja) (suatu, beberapa – dalam pertanyaan)
Do you have any information about this case?
Apakah kamu mempunyai suatu informasi tentang kasus ini.
4
More
(lebih banyak)
More are interested with online business.
Lebih banyak yang tertarik bisnis online.
5
Most
(kebanyakan)
Most have been successful
Kebanyakan sudah sukses.
Most are the books are expensive
Kebanyakan buku-buku itu mahal.
6
No-one
(tak seorangpun, tak satupun)
No-one can reach it.
Tak seorangpun bisa menjangkaunya.
I have downloaded taht album and it contains 11 songs, but no-one is good
Saya sudah mendownload album itu dan isinya 11 lagu, tetapi tak ada satupun yang bagus.


** Semoga artikel ini bisa membantu dan dipahami untuk belajar grammar bahasa Inggris. Silahkan share untuk membantu teman yang lain juga. Semoga bermanfaat.
Terimakasih banyak atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *